Minggu, 06 November 2011

Inversi atmosfer

"Tingkat polusi gas rumah kaca yang tinggi di suatu kawasan dapat mengganggu suhu di lapisan atmosfer hingga menimbulkan fenomena inversi, yaitu terjadinya kenaikan suhu di lapisan atmosfer atas karena penumpukan gasrumah kaca(GRK), Namun, pada pagi hingga siang hari, dengan adanya penyinaran matahari yang menyebabkan penguapan air, maka konsentrasi gas rumah kaca akan berkurang hingga inversi hilang. Inversi bisa muncul kembali setiap hari bila pola pencemaran terus berlanjut dan kondisi cuaca secara umum mendukungnya."



Inversi : Kondisi di mana temperatur udara pada elevasi lebih hangat daripada di permukaan Bumi.
Jenis Inversi :
1.Inversi Radiasi : Terjadi akibat pendinginan permukaan Bumi. Setelah hari menjadi gelap hanya permukaan Bumi yang meradiasikan panas (dalam bentuk gelombang infra merah) ke atmosfer, sehingga atmosfer di atasnya menjadi panas dan terapung ke atmosfer di atasnya.
2.Inversi Subsidence : Terjadi karena subsidensi gumpalan udara. Bila suatu lapisan udara turun dari suatu ketinggian massa udara terkompresi dan menghangat selama proses turun tersebut, sehingga ketebalannya berkurang.
3.Inversi Frontal : Terjadi akibat hembusan angin laut dengan temperatur yang lebih dingin ke arah daratan.
Pembalikan panas (thermal inversion) : terjadi apabila lapisan udara hangat terbentuk di atas lapisan udara dingin di dekat permukaan bumi, sehingga pencemar menjadi terperangkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar